Jumat, 11 September 2015

Menuju Persalinan Nyaman "Road to Gentle Birth"

link to picture source
Sebagai calon ibu, seringkali muncul rasa cemas, khawatir, "apakah semua sudah saya persiapkan dengan baik?", rasa takut menghadapi nyeri saat persalinan, dan pertanyaan/kecemasan lain muncul seiring mendekati proses persalinan.

Kali ini, saya ingin membagi info tentang 3 hal yang bisa dicoba dilakukan untuk mengelola rasa sakit saat persalinan. 3 hal yg berdasarkan penelitian, dilakukan oleh ibu2 yang mampu melewati persalinan dengan nyaman.

1. RELAXATION
Bisa dilakukan sendiri maupun di bimbing.
Relaksasi berguna untuk menenangkan fikiran, menyamankan setiap jengkal bagian tubuh.

Berbagai metode / cara yg bisa dilakukan ibu hamil untuk melakukan relaksasi misal dengan melakukan Yoga,pijat kehamilan, melatih nafas, hypnobirthing, rileksasi dipandu dengan pasangan maupun hal - hal lain yang membantu menyamankan ibu hamil. intinya RILEKSssss

2. RYTHM
Bergerak mengikuti ritme yang kita sukai akan menyenangkan untuk dilakukan selama hamil maupun saat menuju proses persalinan. Apabila dibantu pasangan / pendamping persalinan. Seperti saat kita tanpa sengaja mengetuk2 jari saat ada musik yg kita suka, menggoyangkan kaki atau bersiul...ikuti ritme yang kita suka,
Bisa sambil melakukan pelvic rocking, berjalan-jalan, atau mengubah posisi saat menuju proses persalinan.

3. RITUAL
Ritual disini merupakan pengulangan / repetisi dari 2 hal di atas,

Berusaha menciptakan dan mengupayakan 3 hal di atas selama kehamilan dan tetap konsisten dilakukan selama persalinan, ajak pasangan untuk tetap memberi support dan melakukan 3R ini selama proses persalinan. Semua proses yang nyaman dan menyamankan, diharapkan mampu meningkatkan hormon cinta Oksitosin, hormon ini salah satu yg berperan penting dan utama dalam proses kelahiran.

Selamat menanti kelahiran ananda tercinta. Semoga IbuBayi sehat dan berbahagia bersama keluarga.



Sumber : "Pregnancy Childbirth and the Newborn - The Complete Guide" 4th Edition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Rasa Takut Dan Cemas Dalam Persalinan.

"Apakah aku bisa ke rumah sakit tepat waktu?" "Bagaimana kalau dokter spog ku nanti berhalangan datang?" "Apa aku b...