Jumat, 01 Maret 2019

Perlukah Bayi Langsung Dimandikan Setelah Lahir?


Vernix Caseosa
Vernix = to varnish
Caseous = Cheesy nature

Vernix Caseosa adalah substansi lemak yang menyerupai keju yg melapisi kulit janin selama trimester akhir kehamilan. lapisan seperti keju ini melindungi kulit bayi baru lahir, juga membantu proses adaptasi awal bayi terlahir (di luar rahim) jika tidak terlalu cepat dibersihkan setelah proses persalinan (vernix akan diserap oleh kulit bayi beberapa jam setelah bayi lahir).
. Vernix juga membantu meregulasi suhu tubuh bayi di luar rahim, apalagi jika ibu melakukan skin to skin sesaat setelah bayi terlahir (IMD), menjaga kelembapan kulit bayi dan menjaga ph alami pada kulit bayi, sehingga melindungi kulit permukaan bayi dari paparan bakteri yg tidak menguntungkan.

Pun, vernix mengandung vit E dan antioksidan yg bermanfaat bagi bayi dalam fase transisi memulai kehidupan di luar rahim.

Vernix umumnya akan tampak banyak pada bayi2 yang terlahir pre-term (<37w), pada bayi2 terlahir at term maupun post term (>37w), biasanya vernix lebih sedikit tampak, umumnya terdapat pada lipatan2 leher, ketiak, pangkal paha.

Pada artikel ini juga disebutkan bahwa ada penelitian bahwa menunda memandikan bayi (baru dimandikan setelah 12 jam vs langsung dimandikan dalam 2jam paska lahir), bayi2 yang ditunda untuk dimandikan didapati lebih sukses dalam proses menyusui.

Jadi, perlu kah bayi langsung dimandikan setelah bersalin? 
Jawabannya tergantung kondisi ibu, bayi dan juga penolong persalinan Ibu. Silahkan rencanakan, komunikasikan kemudian putuskan yang terbaik ya moms and dads.

#vernixcaseosa
#postpartum
#goldenhour
#afterbirth

*Source of knowledge :
Gurcharan, S., & Archana, G. (2008). Unraveling the Mystery of Vernix Caseosa, Indian Journal of Dermatology
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2763724/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Rasa Takut Dan Cemas Dalam Persalinan.

"Apakah aku bisa ke rumah sakit tepat waktu?" "Bagaimana kalau dokter spog ku nanti berhalangan datang?" "Apa aku b...