Jumat, 01 Maret 2019

PERAWATAN JALAN LAHIR PASCA BERSALIN (vagina & perinium).

Photo by Creative Free Stock from Pexels
Pada persalinan per-vaginam, setelah bersalin, vagina ibu perlahan namun pasti akan kembali pulih, memang akan terasa tidak nyaman, apalagi jika ada bekas jahitan, umumnya bekas jahitan akan kembali pulih 4 - 6 minggu pasca bersalin.
.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Ibu lakukan utk perawatan vagina dan perinium pasca persalinan.

1. Cold compress, setelah proses persalinan, ibu bisa aplikasikan kompres dingin pada area perinium, ibu bisa menyiapkan #padsicle atau mnggunakan "cold pack"/waslap dibekukan, bungkus dg ziplock, gunakan kain linen bersih kemudian kompres pada area perinium, lakukan selama 20menit, 2-3x sehari.

2. Setelah buang air kecil, basuhlah dengan air hangat, ibu bisa menggunakan botol "squeeze" atau #peribottle utk menyemprotkan air dg lembut. Jangan lupa keringkan dg arah depan ke belakang ya.. (ini mencegah infeksi dari bakteri dari area anus).
.
3. Mulai berlatih kegel setelah persalinan, jangan khawatir kalau pada awal mencoba terasa lebih sulit dilakukan drpd sebelum melahirkan, otot dasar panggul akan perlahan merespon dg lebih baik.

4. Penggunaan #witchhazel pad bisa mengurangi ketidaknyamanan bekas jahitan perinium dan hemorroid. Caranya, tuangkan cairan witch hazel pd pembalut lalu bekukan. Ganti setiap 2-3 jam.

5. Lakukan #sitzbath. Letakkan sitz bath pada dudukan toilet, isi sitz bath dengan air bersih hangat (tidak terlalu penuh), duduk diatasnya kurang lebih 10 - 20 menit. Kemudian keringkan lalu berbaring sejenak +/- 15 menit (utk mengurangi pembengkakan di sekitar vagina. Lakukan sitz bath in 2 - 4 x sehari sampai area Jalan lahir terasa nyaman.

6. Perbanyak berbaring Dan istirahat pada 1 - 2 minggu paska bersalin. Berdiri atau duduk terlalu lama bisa meningkatkan potensi pembengkakan jalan lahir pada area sekitar vagina. 

Ditranslasikan dari buku "The Simple Guide to Having a Baby" - Whalley, Simkin, Keppler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Rasa Takut Dan Cemas Dalam Persalinan.

"Apakah aku bisa ke rumah sakit tepat waktu?" "Bagaimana kalau dokter spog ku nanti berhalangan datang?" "Apa aku b...