Jumat, 01 Maret 2019

Penyembuhan Pada Pasca Operasi Bedah Sesar / Sectio Cesarea (SC)

Source: pixabay.com

Proses penyembuhan pasca operasi cesar bisa berbeda pada masing - masing Ibu, baik secara fisik maupun emosional. Namun hal utama sebagai persiapan proses persalinan adalah support system yang mendukung Ibu bersalin. Proses penyembuhan fisik ibu juga terkait dengan kesehatab psikologis, proses persalinan bisa jadi sangat melelahkan, namun saat bayi terlahir, proses adaptasi menjadi ibu baru dengan segala aktifitas menyusui, mengganti popok, berkurangnya jam tidur, juga perubahan hormonal (dari hamil menjadi tidak hamil), menjadi "kekacauan" sendiri dalam tubuh dan pikiran Ibu. Persiapkan support system untuk paska persalinan ya mom and dad!

Kali ini, saya berbagi info mengenai proses penyembuhan paska persalinan sesar atau SC. Ibu tetaplah menjadi Ibu apapun proses persalinannya, bahagia dan lelahnya SAMA!

Hal berikut adalah beberapa poin yang bisa membantu ibu pada pemulihan pasca cesar :

1. Istirahat, anda baru saja menjalani operasi besar, tidak perlu terburu buru ingin mengerjakan banyak hal. Prioritas utama adalah bonding (melalui menyusui salah satunya). Delegasikan urusan domestik rumah dan memasak pada orang lain utk sementara waktu.

2. Letakkan botol/teko air, makanan ringan yang sehat dan popok/pakaian bayi dekat dg jangkauan Ibu.

3. Batasi kunjungan, iya...ini hal yg tidak mudah apalagi pada budaya kita di Indonesia, tp pasangan bisa membantu utk menerima tamu dikala Ibu memang perlu istirahat atau menyusui. 
4. Bekas jahitan mkn terasa gatal hingga bbrp bulan, kompres hangat dan usapan yg lembut bisa membantu menyamankan. (Ada posting saya ttg video memijat bekas luka jahitan cesar)

5. Minumlah banyak cairan dan asupan nutrisi seimbang.

6. Anda bisa berdiskusi ttg perasaan yg anda rasakan pd fase transisi pasca bersalin kepada suami atau juga pada ibu lain yg pernah menjalani operasi cesar.

7. Selain hal hal di atas, rileks dan nikmati fase minggu pertama dg bayi, semua akan berlalu cepat sekali seringkali tanpa Ibu sadari. . "Recover at home" dr Handbook of prepared labor, Debby Amis & Jeanne Green". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Rasa Takut Dan Cemas Dalam Persalinan.

"Apakah aku bisa ke rumah sakit tepat waktu?" "Bagaimana kalau dokter spog ku nanti berhalangan datang?" "Apa aku b...