Sabtu, 06 Juni 2015

Kaki dan pergelangan kaki bengkak saat hamil

pict source
Pernahkah ibu mengalami kaki atau pergelangan kaki membengkak ketika hamil? kondisi ini relatif sering terjadi, dan seringkali merupakan kondisi umum dialami ibu hamil, apabila kondisi ini dirasa menganggu atau dengan rasa sakit yang tidak nyaman, silahkan konsultasi ke dokter ya bunda.

Beberapa faktor yang menyebabkan pembengkakan kaki yang terjadi pada ibu hamil. misal; tubuh ibu hamil mempertahankan lebih banyak cairan selama kehamilan; Rahim mulai bertumbuh; seiring berkembangnya janin, menambah tekanan pada pembuluh darah, sehungga aliran darah kurang lancar; Perubahan hormon selama kehamilan.

Pembengkakan pada kaki ibu hamil biasanya hilang setelah ibu melahirkan, hal - hal berikut mungkin bisa membantu meringabkan atau mengurangi rasa tidak nyaman pada kaki yang bengkak:
  • hindari berdiri dalam waktu lama. Apabila harus berdiri, usahakan sesekali duduk dengan kaki diluruskan lalu putar pergelangan kaki perlahan. Jika memungkinkan bisa berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi.
  • Usahakan tidur dengan posisi miring ke kiri, posisi ini meminimalkan tekanan pada vena cava inferior - vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung. Meletakkan bantal /guling di antara dua kaki juga membantu menyamankan posisi ini.
  • Kenakan stocking yang direkomendasikan dokter atau khusus ibu hamil pada siang hari (selama beraktifitas)
  • Rutin berolahraga ringan dan aman untuk memperlancar peredaran darah di kaki, misalkan jalan pagi, bersepeda statis maupun berenang.
  • Berdiri atau berjalan di kolam renang . Meskipun sedikit penelitian tentang penggunaan tekanan air untuk kaki dan pergelangan kaki bengkak , berdiri atau berjalan di kolam renang mungkin memberikan bantuan sementara dari pembengkakan selama kehamilan .
  • Kompres dingin pada area kaki / pergelangan kaki yang membengkak untuk membantu menyamankan.
  • Beberapa pose yoga prenatal mungkin bisa membantu meringankan pembengkakan selama kehamilan (dengan panduan prenatal yoga trainer).
sumber : mayoclinic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Rasa Takut Dan Cemas Dalam Persalinan.

"Apakah aku bisa ke rumah sakit tepat waktu?" "Bagaimana kalau dokter spog ku nanti berhalangan datang?" "Apa aku b...