Selasa, 09 Februari 2016

Bengkung Belly Binding aka Stagen tradisional


Bengkung atau seringkali kita kenal sebagai "Stagen" adalah kain panjang (5 - 15 meter), seringkali terbuat dari tenun yang cukup kaku, panas dan kurang fleksible.

Saat ini sudah mulai banyak diketahui bengkung/stage berbahan katun, kelebihannya tentu lebih adem, fleksible mengikuti bentuk tubuh dengan fungsi yang tidak berkurang, yakni menyamankan dan menghangatkan area perut, panggul dan punggung bawah. Diharapkan dengan nyaman dan hangatnya area ini, proses penyembuhan pasca persalinan bisa lebih mudah tercapai.

Kapan Bengkung dipakai?

Pada persalinan pervaginam, bengkung/stagen bisa digunakan pada H+3 pasca melahirkan dipakai hingga 40 hari kedepan atau senyamannya.

Pada persalinan sectio, sebaikya bengkung/stagen digunakan saat bekas jahitan sudah nyaman (4-6 minggu setelah operasi atau bisa dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.
Bengkung tetap bisa bermanfaat kapanpun ibu ingin memakainya, bengkung katun lebih fleksible dan bisa digunakan di luar pakaian untuk mempermudah memasang dan melepas.

Apakah manfaat Bengkung?

Bengkung/Stagen disebut sebagai "the ancient way of healing" , fungsi utama pada ibu pasca melahirkan adalah menghangatkan dan menyamankan, bonusnya adalah diharapkan membantu proses penyembuhan pasca bersalin.

Bengkung/Stagen BUKAN alat pelangsing, bengkung/stagen mungkin membuat badan ibu tampak dan terasa langsing, namun pada dasarnya, langsing dan pulih kembali setelah melahirkan sangat ditentukan banyak faktor, seperti; asupan gizi seimbang, olahraga dan menyusui serta hal yang utama adalah ISTIRAHAT.

Merawat diri pasca bersalin merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga ibu, karena 42 hari pertama setelah melahirkan bisa menjadi faktor penentu tahun - tahun berikutnya, menjadi orang tua yang sadar, sabar dan sehat lahir bathin.

Selamat menjadi Ibu :)

Berikut adalah link video tutorial pemakaian bengkung 


Tips membuat Bengkung DIY:

Panjang : 15 meter (bisa dilebihkan/dikurangi bila dirasa perlu)
Kain : Katun (tidak tebal dan tidak tipis, bisa pakai kain batik atau sprei lho..:))
Nah kainnya bisa panjang 15 meter, tp kalau bikin sendiri sayang sisanya, bisa juga kain disambung2, kelemahannya kadang di sambungan jahitan jd kurang nyaman pas dipakai.
Lebar : ukurlah rata2 sejengkal telapak tangan bunda. 18-25 cm

Untuk pinggiran bisa di obras, bisa di neci, atau dibiarkan saja, dg resiko kurang rapi.

Nah mudah sebenernya bikin bengkung sendiri, karena memang belum banyak yg produksi..karena juga belum banyak yg istiqomah berbengkung :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menghadapi Rasa Takut Dan Cemas Dalam Persalinan.

"Apakah aku bisa ke rumah sakit tepat waktu?" "Bagaimana kalau dokter spog ku nanti berhalangan datang?" "Apa aku b...